1

18 Okt 2014

Aplikasi menambah RAM Android

RAM atau Random Access Memory adalah memory yang dapat diakses secara acak tanpa memperdulikan letak data dalam memory. RAM juga biasa disebut tempat penyimpanan sementara, berbeda dengan ROM yang berfungsi sebagai penyimpanan utama. 

Dalam Sistem operasi android pun demkian, RAM digunakan aplikasi android untuk bekerja. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, semakin banyak pula RAM yang dibutuhkan. Jika RAM di Android kita penuh, maka akan terjadi Lag atau lambatnya respon , dan Force Close atau aplikasi yang berhenti secara mendadak. Karena itu, Untuk device android yang mempunyai kapasitas RAM kecil bisa mencoba aplikasi menambah RAM Android.

Ada beberapa metode Aplikasi menambah Ram Android. Kita bisa menambah RAM android dengan kondisi root maupun tanpa Root. Jika dengan Root kita bisa menggunakan swap memory, yaitu menambah ram dengan SD card. Untuk cara ini memang memerlukan hak akses Root karena berkaitan dengan sistem. Tapi tidak perlu khawatir, karena kita juga bisa menambah RAM Android tanpa root. Berikut ini beberapa Aplikasi menambah RAM Android yang dapat kita jalankan tanpa akses ROOT:

Cara yang diterapkan aplikasi ini cukup sederhana. Dengan Aplikasi menambah RAM android ini, kita bisa mengoptimalkan penggunaan RAM. Aplikasi ini bekerja dengan mengurangi aplikasi yg berjalan secara berkala. Terkadang memang ada beberapa aplikasi yg tidak kita butuhkan yang berjalan di background. Akibatnya, RAM akan terkikis sedikit demi sedikit. Karena itu, kita memerlukan aplikasi ini untuk mengurangi aplikasi yg tidak perlu. Sehingga RAM bisa berjalan dengan optimal dan membuat Smartphone Android kita tidak lemot.

Penggunaan aplikasi menambah RAM Android ini cukup sederhana. Cukup 1 klik maka aplikasi akan secara otomatis mengoptimalkan RAM. Ada juga beberapa level Boost yang dapat digunakan menambah RAM, yaitu Normal, Kuat, Extreme, Super Extreme. Ada juga task killer yang dapat membantu kita menutup aplikasi yang error atau terlalu berat. Sehingga bisa memperbaiki kinerja ponsel. Dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Untuk aplikasi satu ini kita bisa menjalankan nya dalam metode tanpa root maupun dengan ROOT. Hanya aja lebih maksimal penggunaannya jika device dalam keadaan Root. Penggunaannya hampir sama dengan RAM control extreme. Dengan aplikasi ini kita bisa menambah RAM Android dengan mudah. Caranya dengan membersihkan cache, menutup aplikasi yg tidak perlu, dan meatikan aplikasi yg berjalan pada startup. Aplikasi ini juga mempunyai shortcut yang bisa kita klik untuk mengopimalkan RAM dimanapun kapanpun.

Selain berfungsi sebagai Aplikasi menambah RAM Android, Smartbooster juga bisa menjaga privasi kita. Smartbooster akan memberikan peringatan kepada kita jika ada aplikasi yg berpotensi menyusup privasi seperti masuk sistem, menggunakan pulsa, melakukan panggilan, dll. Aplikasi ini cukup membantu bagi yang awam tentang android, karena penggunaannya juga mudah disertai tampilan yang sederhana.

Selain Aplikasi diatas kita juga bisa mengoptimalkan penggunaan RAM secara manual tanpa Aplikasi menambah RAM Android bahkan tanpa Root sekalipun. Misalnya dengan cara: 

1. Masuk pengaturan, kelola aplikasi tidak terpakai, apalagi yang memakan RAM banyak.
2. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.
3. Kurangi penggunaan wallpaper animasi dan live wallpaper.
4. Nonaktifkan auto update.
5. Matikan fitur Auto rotate, GPS, dan Wifi jika tidak diperlukan. Selain menghemat RAM, mematikan fitur ini juga menghemat Baterai.

Nah itulah beberapa aplikasi menambah RAM android secara sederhana, dan cara manual menambah RAM. Pada dasarnya, RAM tidak dapat ditambah, tetapi dioptimalkan. Dengan mengurangi penggunaan aplikasi kita juga menghemat RAM dan secara tidak langsung kita juga menghemat baterai smartphone. Semoga bermanfaat.