1

20 Okt 2014

Aplikasi Radio Offline Android

Aplikasi Radio Offline Android
Dahulu sejak jaman ponsel Nokia monochrome, Radio FM sangat populer. Sebagai satu-satunya hiburan di ponsel, para produsen ponsel beramai-ramai melengkapi handset buatannya dengan Radio FM. Tapi seiring dengan kemajuan teknologi, Radio FM mulai tergeser dari popularitas. 

Hal ini karena adanya berkembangnya MP3 player dan video Player pada ponsel. Sekarang keberadaan radio FM seakan tersingkir dari ponsel. Apalagi dengan berkembangnya OS terbaru Android, Blackberry dan iOs yang mampu mendukung pemutaran multimedia secara online atau streamming. 

Tapi bagi kamu yang kangen keberadaan Radio FM kini ada aplikasi Radio Offline Android.

Berbeda dengan aplikasi Radio Online, Aplikasi Radio Offline ini tidak bekerja secara streamming. Jadi penggunaannya tidak akan mengurangi pulsa atau kuota internet. Dan kualitas suaranya pun tidak tergantung dari kecepatan internet, melainkan pada transmitter Radio. Sehingga tidak putus-putus seperti saat kita streamming. Berikut ini beberapa aplikasi Radio Offline Android terbaik yang populer dikalangan pengguna android.

Spirit FM Radio
Aplikasi ini merupakan Aplikasi Radio offline yang populer dikalangan pengguna android. Tampilannya cukup simpel dan mudah digunakan. Spirit FM Radio mempunyai fitur unlimited channel, jadi kita dapat menyimpan channel radio yang kita suka. Buat kamu yang kurang suka mendengarkan via headset, aplikasi ini juga bisa mendengarkan radio melalui loudspeaker. Sehinggan kita bisa mendengarkan radio bersama dengan teman-teman.

Selain fitur-fitur diatas, ada pula fitur untuk memisahkan channel berdasarkan kategori layaknya MP3 Player. Jadi kita bisa mengelompokkan stasiun radio sesuai kategori yang kita suka. Ada pula fitur backup dan restore setting. Fitur ini berguna untuk mengembalikan setting ke semula jika kita salah mensetting. Jadi kita tidak kehilangan semua channel kesayangan kita. Dari semua fitur itu yang paling penting adalah akses gratis, karena aplikasi ini merupakan radio Offline.

Ada kelebihan tentunya juga ada kekurangan. Kekurangan Aplikasi Radio Offline Android ini misalnya belum mendukung regional Indonesia. Mungkin beberapa saat kemudian aplikasi ini akan mendukung Regional Indonesia. Sebagai alternatif, kita bisa menggunakan Regional Singapura yang notabene Cuma beda 0,05GHz/MHz. Frekuensi ini sudah cukup bagus untuk menangkap saluran di Indonesia. Suaranya juga terbilang masih cukup jernih walaupun menggunakan regional Singapura. Dan yang pasti kamu bisa bernostalgia dengan mendengarkan radio, berkirim salam, dan request lagu favorit.

Google Play Music
Setelah mengalami pembaruan layanan Google, seperti Maps, Drive, Plus+, Hangout, Chrome, dan lainnya, kini aplikasi layanan Google tampil lebih fresh. Tak terkecuali Google Play Music. Selain memperbaiki beberapa Bug, Google Play music kini hadir dengan fitur baru, yaitu Radio FM. Dan yang lebih menariknya, Radio FM ini adalah Radio Offline. Sehingga kita tidak perlu menggunakan paket data atau jaringan internet untuk memainkannya.

Karena Radio FM ini masih terbilang baru, Fiturnya pun hanya minimalis. Fitur aplikasi Radio offline Android ini tidak selengkap spirit Radio. Fiturnya seperti radio FM pada umumnya. Kita dapat menyimpan channel yang kita suka. Tak hanya itu, kita juga bisa merekam siaran radio untuk didengarkan lain waktu. Misalnya ada lagu yang kita suka, kita bisa langsung merekamnya. Selebihnya fitur yang dimiliki sama dengan radio FM pada ponsel biasa.

Demikianlah beberapa Aplikasi radio offline android yang populer. Jaman sekarang pendengar radio memang sudah berkurang. Ini juga di sebabkan perkembangan teknologi multimedia dan jejaring sosial yang semakin berkembang. Bagi kamu yang merasakan masa-masa jaya Radio FM pasti pernah merasakan senangnya berkirim salam, request lagu, kenalan dengan sesama pendengar, dll. Dengan Aplikasi ini kita bisa bernostalgia dengan memutar radio. Semoga bermanfaat.