1

21 Mar 2015

Apa Saja Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan


Jambu biji atau jambu batu merupakan salah satu jenis buah yang memiliki tekstur keras, selain itu jambu juga mempunyai berbagai manfaaat bagi kesehatan tubuh. Pemanfaatan tanaman ini tidak hanya dari buahnya saja akan tetapi daun, akar, bunga dan kulit pohonnya juga memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Dalam dunia medis sendiri, jambu biji atau jambu batu memiliki nama ilmiah yaitu Psidium guajava dimana dalam jambu biji mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah viamin A, Vitamin C, Kelompok vitamin B, Mangan, Tembaga, Folat. Potassium, Fosfor, Kalsium, Magnesium, kandungan serat, tanin, flavonoid, karotenoid, Lektin, Eugenols, minyak esensial, antioksidan dll.

Berikut ini adalah fakta medis tentang manfaat jambu biji bagi kesehatan yang dapat anda lihat seperti dibawah ini:
  1. Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji tiga kali lebih banyak daripada buah jeruk sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  2. Memiliki kandungan antioksidan yang paling kuat. Buah jambu biji merah yang telah matang atau masak mengandung sumber antioksidan yang paling banyak jika dibanding dengan jambu biji yang belum matang atau masih muda.
  3. Jambu biji mengandung lycopen dua kali lebih banyak dari pada buah tomat. Sehingga jambu batu ini sangat efektif dalam melindungi tubuh dari penyakit kanker prostat dan kerusakan kulit oleh dampak negatif sinar Ultra Violet (UV).
  4. Jambu biji sangat kaya akan kandungan Vitamin B sehingga sangat membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi otak.
  5. Jambu biji juga diperkaya dengan karotenoid, flavonoid, lektin, eugenol, minyak esensial dan pektin.
  6. Jambu biji sangat baik dalam pencegahan Anemia karena mengandung Vitamin C yang sangat tinggi sehingga membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.
  7. Kandungan flavanoid dalam jambu biji memiliki aktivitas hipoglikemik sehingga membantu dalam mengelola kadar gula darah bagi penderita diabetes.
  8. Kandungan Vitamin A yang sangat tinggi dalam jambu batu sangat penting dalam meningkatkan fungsi dan kesehatan mata.
  9. Jambu biji juga diperkaya dengan folat yang tentu saja hal ini sangat membantu dalam mengatasi masalah yang terkait dengan gangguan kesuburan pada wanita.
  10. Jambu biji mengandung tembaga yang membuat buah ini dikenal dalam membantu menjaga fungsi tiroid agar tubuh tetap sehat.
  11. Buah jambu biji juga merupakan sumber serat tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sering mengalami masalah sembelit.
  12. Kandungan gula yang seimbang dan rendah kalori yang ada pada jambu biji menyebabkan buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau mengalami diabetes.
  13. Jambu biji ini juga merupakan buah yang sering disarankan oleh para ahli kecantikan sebagai diet anti penuaan dan membantu untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh .
  14. Jambu biji mengandung tingkat potasium tinggi seperti pisang membantu mengatur tekanan darah dan mencegah kolesterol.
  15. Pucuk daun jambu biji adalah obat rumah untuk mengatasi diare, cacingan dan dismenorea.
  16. Daun muda pada tanaman jambu biji bisa dikunyah untuk mencegah masalah gigi seperti bau mulut, sakit gigi, gusi berdarah.
  17. Daun dan buah-buahan yang terdapat pada tanaman jambu batu baik untuk mengelola penyakit pernapasan, batuk, sakit tenggorokan.
  18. Merupakan buah yang sehat untuk mengobati dan mencegah penyakit jantung.
Nah, Demikianlah beberapa fakta medis tentang manfaat dari tanaman jambu biji ini.