1

22 Mar 2015

Benarkah Menangis Membuat Kita Tenang



Meneteskan air mata sesekali bukanlah hal yang memalukan. Banyak orang yang tidak ingin dianggap cengeng, untuk kemudian enggan sama sekali untuk menangis. Seringkali mereka menganggap diri mereka tegar, padahal hati mereka tengah tersakiti. Padahal, tidak ada yang salah dengan menangis. Bahkan menangis tidak lantas akan membuat hidup seseorang menjadi susah atau justru membuat seseorang mengidap suatu penyakit ganas. Ada banyak manfaat menangis yang mungkin tidak pernah Anda sadari.

Sebagian orang diciptakan dengan perasaan yang sangat sensitif, sehingga mereka sangat mudah terharus dan menangis untuk hal-hal yang kecil. Sebagian orang lainnya, memiliki hati yang lebih kuat, sehingga lebih cenderung menyimpan kesedihan dan tangisan, seberapapun sesuatu hal menyakiti hati mereka. Untuk mereka yang selalu urung untuk menangis, kenali beberapa manfaat menangis berikut ini, sehingga Anda tak lagi malu untuk meneteskan air mata ketika Anda tak lagi mampu menahan rasa sakit baik di fisik atau hati.
Manfaat Menangis untuk Meredakan Stress

Tahukah Anda, saat menangis pun Anda tengah mengeluarkan adrenalin yang tersimpan di tubuh Anda. Adrenalin bukan hanya berpartisipasi saat Anda menghadapi sebuah tantangan, tetapi juga saat Anda berani mengungkapkan sesuatu yang ada di perasaan Anda, yang kadangkala Anda tahan karena tak ingin orang tahu masalah Anda.

Menangis membuat Anda berbuat jujur dengan apa yang ada di hati Anda. Dengan menangis, hormon adrenalin akan membucah keluar sehingga membuat Anda lebih lega, lebih lepas dan stress Anda pun akan lenyap seiring dengan air mata Anda yang keluar.
Menangis Membuat Anda Jujur

Tentu saja jika Anda memang bukan seorang yang suka bersandiwara, menangis membuat Anda jujur dengan apa yang terjadi pada diri Anda dan jujur melihat sebuah kenyataan. Terkadang, banyak orangtak siap dengan kenyataan yang ada di depan mata, namun berusaha untuk menerima. Ketika Anda menceritakan apa yang tidak nyaman di hadapan Anda, mungkin Anda akan menangis. Namun, setelah itu berlalu ada banyak hal yang bisa Anda peroleh.

Mungkin saja Anda akan mendapatkan solusi setelah Anda selesai menangis, mungkin juga Anda akan lebih rileks dalam berpikir sehingga membuat Anda lebih kreatif dalam mengambil keputusan-keputusan berikutnya untuk hidup Anda.
Manfaat Menangis untuk Sebuah Hubungan Cinta

Dilangsir dari Vemale.com, salah satu manfaat menangis yang kadang jarang disadari adalah dapat meningkatkan hubungan Anda dan pasangan. Ketika Anda bertengkar dengan pasangan dan berakhir dengan tangisan, seringkali hal itu yang membuat Anda dan pasangan Anda menyesali pertengkaran itu terjadi.

Kadangkala pertengkaran yang berakhir dengan tangisan membuat Anda dan pasangan merasa harus instropeksi diri, mengingat bahwa Anda dan pasangan telah berjanji untuk tidak menyakiti satu sama lain.

Nah, itu dia tiga manfaat menangis untuk Anda. Jadi, jangan malu untuk menangis ketika ada masalah!

Untuk Informasi Lainnya Anda bisa  klik di sini