1

22 Mar 2015

Apa Sich Penyebab Cidera Otak



Cedera pada otak, akhir-akhir ini penyakit yang menyerang bagian paling penting tubuh ini seringkali terdengar. Bukan hanya menimpa orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Kasus cedera pada otak kerap kali berakhir dengan cerita sedih, jika tidak kematian, kalaupun bisa diselamatnya biasanya menimbulkan gejala sisa.

Tidak hanya disebabkan oleh factor trauma karena kecelakaan, terkadang masalah cedera pada otak bisa disebabkan oleh hal-hal yang kadang kita sering tak sadari. Gaya hidup yang tidak sehgat bahkan berpeluang menyebabkan masalah ini.

Mungkin masih segar di ingatan kita, bagaiman seorang anak perempuan muda yang menguasai bahasa asing sampai 14 bahasa, akhirnya harus meninggal dunia karena adanya cedera pada otak, yang disebabkan pecahnya pembuluh darah di otaknya. Padahal, sebelumnya tidaqk terlalu banyak keluhanyang berarti, kecuali sakit kepala.

Cedera pada otak yang disebabkan oleh faktor gaya hidup tentu bisa dicegah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera pada otak, seperti:
Berhenti Merokok

Tidak ada yang pernah menyangkal jika rokok memang tidak ada manfaatnya untuk tubuh. Rokok justru membuat tubuh menerima banyak penyakit karena kandungan nikotin dan tar yang ada di dalamnya. Tidak hanya menyebabkan kerusakan di paru-paru dan jantung, rokok juga berpotensi sebabkan pendarahan di otak, utamanya ketika zat-zat pada rokok ini telah merusak pembuluh darah di tubuh.
Hindari Beban Kerja Otak yang Tinggi

Stress adalah salah satu hal yang membuat otak bekerja terlalu keras. Saat stress otak biasanya berputar-putar untuk menemukan solusi, penyelesaian masalah dan tak jarang justru berpikir untuk hal-hal yang sangat tidak dibutuhkan. Beban kerja otak yang berlebihan, memicu tekanan dalam otak pun semakin tinggi. Pada kasus dimana seseorang memiliki kelainan pembuluh darah otak, tak jarang ini bisa menyebabkan pembuluh darah mereka pecah. Apabila hal ini terjadi, maka risiko untuk meninggal pun sangat tinggi.
Stabilkan Tekanan Darah

Kalau yang ini bukan lagi rahasia. Hampir semua orang yang memiliki masalah di pembuluh darah otak, biasanya diawali dengan tekanan darah yang tinggi. Oleh karenanya, stabilkan tekanan darah Anda, dengan senantiasa menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga dengan rutin.
Selalu Memakai Helem Saat Mengendarai Motor

Ini dia mengapa mengendarai motor dengan safety tools itu penting. Tidak ada yang pernah mengira kapan sebuah kecelakaan akan terjadi, namun ketika itu terjadi pada kita tidak menggunakan pengaman apapun, maka efeknya akan lebihberat dibandingkan kita dalam keadaan aman berkendara. Helem digunakan untuk melindungi kepala Anda dari benturan apabila terjadi kecelakaan, baik ringan ataupun berat. Dengan menggunakan helem, kepala tak langsung terbentur ke jalanan yang memungkinkan Anda terkena masalah besar di bagian kepala seperti gegar otak. Jika seseorang mengalami gegar otak ringan, mungkin seiring waktu hal itu bisa diterapi dengan baik. Tetapi jika gegar otak yang terjadi serius dan bahkan menyebabkan pendarahan otak yanghebat, maka tak jarang jika pun hidup akan memiliki gejala sisa trauma pasca kecelakaan.

Mari menjaga otak kita agar senantiasa sehat setiap saat, karena dari otaklah semua aktivitas tubuh dapat berjalan dengan singkron.

Untuk Informasi Lainnya Anda bisa  klik di sini