1

24 Mar 2015

Benarkah Rokok Pemicu Penyakit Jantung


Penyakit jantung masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di Amerika Serikat. Penyakit jantung tidak mengenal batasan usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga manula memiliki resiko terkena penyakit jantung. Lalu pertanyaan yang sering timbul adalah apa penyebab penyakit jantung dan penanganannya? Penyebab penyakit jantung ada dua faktor yaitu faktor keturunan atau genetik dan faktor gaya hidup yang tidak sehat.
Faktor Penyebab Penyakit Jantung

Ada dua faktor kenapa seseorang bisa mengidap penyakit jantung yaitu faktor yang tidak dapat diubah seperti faktor keturunan atau genetik, usia dan jenis kelamin dan faktor yang dapat diubah seperti gaya hidup. Besarnya faktor-faktor tersebut memang setiap orang berbeda.

Pada faktor genetik, sangat tergantung pada tinggi rendahnya kadar lipoprotein dalam darah. Semakin tinggi kadarnya, maka resiko terkena penyakit jantung juga besar. Sebuah penelitian menyebutkan laki-laki lebih beresiko terkena penyakit jantung. Perempuan memiliki hormon estrogen yang mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Faktor usia, semakin tua seseorang kadar kekenyalan pembuluh darah akan berkurang dan ini dapat berpengaruh pada kesehatan jantung.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti gemar merokok, meminum minuman beralkohol, fast food terlalu sering, obesitas, mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan stress dapat menjadi penyebab penyakit jantung. Lalu penyebab penyakit jantung dan penanganannya apakah ada hubungannya? Jelas saja ada hubungannya.
Penangangan Penyakit Jantung

Cara untuk menangani penyakit jantung adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit jantung karena keturunan. Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit jantung, Anda bisa meninggalkan pola hidup yang tidak sehat seperti beberapa hal di bawah ini:

Asap rokok atau kandungan yang terdapat pada rokok mempengaruhi pembuluh darah dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam  darah. Akibatnya kerja pembuluh darah menjadi tersumbat.

Hindari kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi mengakibatkan lemak menumpuk di pembuluh darah koroner yang berdampak pada penyumbatan pembuluh darah. Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang rendah seperti mengkonsumsi kedelai, ikan, seafood, sayur mayur dan buah-buahan.

Hindari stres.  Stres ternyata dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan ini memberikan peluang untuk terkena penyakit jantung. Anda bisa melakukan penanganan dengan cara melakukan manajemen stres untuk hidup Anda.

Jelaslah penyebab penyakit jantung dan penanganannya sangat berhubungan, dengan menghindari penyebabnya merupakan solusi untuk penanganan penyakit jantung secara alami. Lebih baik lagi menghindari daripada mengobati. Untuk Informasi Lainnya Anda bisa  klik di sini