1

6 Apr 2015

Tanpa Bra Bikin Payudara Besar Alami

Benarkah tanpa menggunakan Bra atau penutup payudara sangat bermanfaaat bagi wanita, selain bisa mencega penyakit kanker payudara, juga bisa membuat payudara besar secara alami.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan jika menggunakan bra malah membuat payudara melorot. Benarkah anggapan itu?
Penelitian yang dilakukan di Prancis selama 15 tahun menemukan hal sebaliknya, seperti dilansir news.com.au. Mengenakan bra justru membikin payudara melorot dan tak membantu mengurangi nyeri punggung. “Secara medis, psikologi dan anatomi, mengenakan bra tak bermanfaat, bahkan bisa membuat payudara melorot” kata Jean-Denos Rouillon, profesor peneliti dari Prancis yang melaksanakan penelitian itu.

Studi dilakukan pada 330 wanita. Kesimpulan diambil setelah perubahan pada payudara diamati pada wanita tak mengenakan bra dan mengenakan bra. Hasilnya, payudara semakin kencang secara alami pada wanita yang tak memakai bra. Sebaliknya, saat bra dikenakan payudara menjadi tergantung pada penyokong yang sifatnya artifisial yang membikin payudara mengendur.

Seorang responden dalam studi di Rouillon, Capucine, 28, mengatakan pada France Info sejak dirinya ikut dalam studi, dirinya tak mengenakan bra hampir selama dua tahun. “Ada banyak manfaat, saya lebih gampang bernapas, saya bisa menyangga tubuh lebih baik dan lebih jarang sakit punggung,” ujarnya.

Apakah dengan hasil studi ini dilarang mengenakan bra?

“Sementara kami memvalidasi hipotesis bahwa bra adalah kebutuhan yang salah…adalah hal berbahaya jika menyarankan semua wanita berhenti memakai bra. Pasalnya, wanita yang turut dalam penelitian tak mewakili seluruh populasi,” kata Rouillon.  Untuk Informasi Lainnya Anda bisa  klik di sini