1

31 Mar 2015

Benarkah Akar Ginseng Bangkitkan Gairah Seks

Ginseng adalah tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat dan telah digunakan dalam pengobatan China sejak ribuan tahun lalu. Penelitian oleh Korea Selatan ini menemukan bahwa pria dengan kondisi disfungsi ereksi bisa membaik setelah konsumsi tablet ginseng dalam hanya beberapa minggu. Beberapa studi sebelumnya juga sudah menyarankan ginseng dapat membantu mengatasi impotensi, namun kebanyakan penelitian tersebut hanya dilakukan pada tikus.

Penelitian terbaru ini melibatkan lebih dari 100 pria yang didiagnosis dengan masalah ereksi. Impotensi tercatat mempengaruhi satu dari 10 pria di Inggris. Meski obat herbal seperti ginseng disebut-sebut sebagai pengobatan alternatif, bukti untuk mendukung penggunaan ginseng masih kurang. Akar ginseng diketahui mengandung beberapa zat aktif, yang disebut panaxoside atau ginsenoside, yang memiliki manfaat kesehatan.

Para ilmuwan di Yonsei University College of Medicine di Seoul, Korea Selatan, merekrut 119 pria penderita disfungsi ereksi. Kelompok ini dibagi menjadi dua, kelompok pertama mengonsumsi 4 tablet sehari yang mengandung ekstrak ginseng Korea berry, lalu kelompok kedua mengonsumsi pil dummy identik.

Setelah delapan minggu, para peneliti mengukur perbaikan dengan menggunakan skala. Hasilnya, yang dipublikasikan dalam International Journal of Impotence Research, menunjukkan adanya peningkatan yang kecil, tapi signifikan, dalam fungsi seksual pada kelompok peminum tablet ginseng dibandingkan dengan kelompok tablet dummy.

“Ekstrak ginseng Korea berry mampu meningkatkan semua domain fungsi seksual… Hal ini dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk meningkatkan kehidupan seksual pria,” ujar peneliti seperti dikutip Zeenews.com. Untuk Informasi Lainnya Anda bisa  klik di sini