1

2 Apr 2015

Bahayanya Terlalu Di Depan Komputer

Memasuki Era Teknologi tinggi ini, teknologi sudah tidak dapat lagi dipisahkan dalam kehidupan kita sehari -hari, tidak terkecuali komputer. komputer memegang peranan sangat penting dalam hidup kita, dengan komputer kita dapat mempermudah pekerjaan yang sulit.
Tapi apakah kita tahu dampak negatif dari penggunaan komputer? Berikut beberapa efek terlalu lama di depan computer

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
menurut situs Conectique.com, carpal tunnel syndrome atau CTS adalah gangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan karpal di pergelangan tangan. 

Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani. Gangguan ini kerap mendera individu yang sering menggunakan pergelangan tangan dalam jangka waktu lama, seperti; memegang mouse komputer.

Gejala
  • Rasa lemah, agak kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan.
  • Jari tangan terasa tak enak, kebas, mati rasa atau kesemutan terutama pada ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Jika dibiarkan maka kekuatan otot akan berkurang dan lama-lama fungsi tangan akan hilang.
  • Penderita sering terbangun di malam hari karena tangan terasa nyeri dan sering diserkesemutan. Bila sudah sangat parah benda yang dipegang tiba-tiba bisa terlepas begitu saja.
CST 
CST adalah obesitas, diabetes, gangguan kelenjar tiroid, kebiasaan merokok serta mengonsumsi alkohol dan kopi. Orang yang tidak berolahraga secara teratur juga terancam karena tubuh yang kurang terlatih menyebabkan sirkulasi darah dan otot kurang bisa bertoleransi dengan stres.

Hubungan dengan pekerjaan Profesi yang berisiko besar terancam CTS antara lain jenis pekerjaan yang banyak menggunakan tangan dalam jangka waktu panjang. Pekerjaan yang dimaksud umumnya menggunakan kombinasi kekuatan dan pengulangan gerakan yang sama pada jemari dan tangan, seperti; pekerjaan yang sering memakai komputer, olahragawan, dokter gigi, musisi, guru, ibu rumah tangga dan pekerja lapangan yang mengoperasikan alat bervibrasi seperti bor.

Pengobatan
Terapi untuk penderita tahap ringan adalah terapi konservatif alias tanpa operasi. Penderita diberi obat untuk meredakan rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Kemudian dilakukan fisioterapi yaitu menghangatkan peradangan dengan ultrasound, atau sinar laser.

Sedangkan untuk CTS Ada juga program latihan pergelangan tangan dan pemakaian wrist splint sejenis pembungkus untuk menetralkan posisi pergelangan tangan. Wrist split ada dua macam yang pertama bentuknya agak kaku tapi bisa digunakan saat bekerja dan yang kedua lebih kaku untuk dikenakan saat tidur karena saat tidur kita sering tanpa sadar membengkokan tangan.

Jika Anda pekerja kantoran atau sering menggunakan komputer, maka tentunya risiko CTS yang dihadapi cenderung besar. Berikut beberapa saran yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi gangguan tersebut.
itu merupakan salah satu dari dampak negatif penggunaan komputer secara berlebihan, jadi sebaiknya kita tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan komputer.

ada baiknya juga kita mengistirahatkan tubuh kita beberapa saat setelah menggunakan komputer terlalu lama. Untuk Informasi Lainnya Anda bisa  klik di sini