1

19 Apr 2015

Aplikasi Berguna Di HP Android

Nirwanafile.com- Banyak yang menanyakan tentang aplikasi yang berguna dan bermanfaat di ponsel Android, mungkin disini kami bisa berbagi beberapa aplikasi yang kami anggap cukup penting dan pastinya kami bicara aplikasi GRATIS.

Harap diingat bahwa aplikasi yang kami install di ponsel Xperia X10 kami berdasarkan versi Android 2.1 dan mungkin saja bagi yang menggunakan di bawah 2.1 (1.6) kemungkinan tidak bisa.
Satu hal lagi, aplikasi ini bukan satu-satunya melainkan banyak aplikasi sejenis sehingga anda bisa menggantinya dengan yang lain kok!

ADW Launcher
Yang satu ini merupakan pengganti tampilan muka (home screen) di ponsel dimana yang paling disukai disini adalah kita bisa mengganti "theme" standar yang ada di ponsel Android. Selain untuk mengganti tampilan, kadang aplikasi Launcher juga membuat baterai lebih hemat dan lebih cepat.

   
Advanced Task Killer
Sama seperti sebuah sistim operasi sebuah komputer, ponsel Android juga banyak menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu sehingga ini memberatkan kerja ponsel dan banyak memakan memori RAM yang ada.  Aplikasi yang satu ini bisa kita gunakan untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan dan dianggap tidak perlu (hemat baterai). Selain itu melalui setting yang ada, kita juga bisa membuat aplikasi tertentu dimatikan otomatis dalam kondisi tertentu seperti pada saat layar tidak aktif setelah digunakan.



Free Advanced Task Manager
Fungsi utamanya hampir sama dengan Advanced Task Killer hanya saja yang satu ini lebih lengkap dan bisa menampilkan beragam info penting di ponsel seperti OS yang digunakan dan masih banyak lagi. Melalui yang satu ini kita juga bisa memilih untuk mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan sekaligus juga mematikan aplikasi servis serta melakukan uninstall untuk aplikasi yang ada.


Android System Info
Yang satu ini membantu kita untuk melihat beragam informasi yang ada di ponsel dan paling utama adalah kita bisa melihat sisa memori RAM yang ada, memori internal dan eksternal. Melalui aplikasi ini kita juga bisa mengetahui jangka waktu pemakaian baterai yang dihitung pada saat kita me-restart ponsel.


Barcode Scanner
Penting tidak penting sih untuk yang satu ini tetapi karena belakangan QR Code sudah banyak digunakan di website maka kami merasa wajib punya aplikasi yang satu ini.  Kegunaannya tentu saja untuk memudahkan kita dalam menuliskan alamat web atau juga membaca informasi lain yang penting yang ada di QR Code tersebut. Masih bingung?? Mungkin bisa baca artikel kami tentang QR Code disini.


ES File Xplorer
Inilah "Windows Explorer" untuk ponsel Android anda dimana aplikasi ini akan memudahkan kita untuk mencari file dan lainnya sama seperti sebuah "Windows Explorer". Yang kami sukai dari ES File Explorer dibandingkan yang lainnya karena ada fitur "multi-select" dimana kita bisa Copy & Paste beberapa file sekaligus dan tidak perlu satu per satu. Selain itu kita juga bisa melihat file di jaringan (Network) dengan mudahnya melalui TAB "LAN" atau bahkan transfer file melalui FTP.


Handcent SMS
Ini adalah pengganti aplikasi SMS standar dimana punya banyak kelebihan dibandingakn aplikasi bawaan ponsel.  Melalui Handcent SMS kita bisa membuat tampilan lebih enak dilihat bahkan bisa mengganti bentuk huruf yang paling enak kita lihat. Selain itu banyak fitur lainnya yang tidak kalah menarik seperti disediakan template untuk MMS serta mengatur nada SMS sesuai kontak.



Meridian
Bagi pengguna Xperia X10, MediaScape yang ada benar-benar menggangu sehingga Meridian kami anggap aplikasi multimedia yang paling enak digunakan sebagai penggantinya.   
Kelebihannya menurut kami adalah bisa memainkan banyak format musik dan video sekaligus juga tidak terlalu membebani kerja ponsel.



Phone Usage

Kelemahan Android?? Siap-siap saja kantong jebol karena banyak menggunakan koneksi internet (GPRS/ 3G) apalagi kalau anda tidak menggunakan yang unlimited untuk koneksinya    
Phone Usage setidaknya bisa membantu anda untuk mengontrol berapa besar koneksi internet yang telah digunakan dan juga ada informasi untuk penggunaan telpon dan SMS.


My Setting
Aplikasi ini akan memudahkan kita untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur umum yang sering kita gunakan tanpa harus masuk ke menu Setting.    
Dengan sekali klik, kita bisa mengontrol banyak hal mulai dari Bluetooth, GPS, Airplane Mode, Network Mode, Auto Sync dan lainnya.



Remote Web Desktop
Aplikasi ini adalah salah satu cara dari sekian banyak untuk memudahkan transfer file dan komputer ke ponsel atau sebaliknya tetapi melalui koneksi Wi-Fi dan menggunakan browser di komputer.
Remote Web Desktop juga bisa digunakan untuk hal lainnya mulai dari melihat isi SMS sampai mengetik melalui keyboard di komputer ke ponsel.



Skyfire Browser

Bagi pengguna ponsel Android yang belum menggunakan Android 2.2 (Froyo) tentu tahu salah satu kelemahannya adalah tidak mendukung flash atau sederhananya anda tidak bisa nonton video YouTube. 
   
Skyfire adalah browser alternatif yang telah mendukung flash dan artinya kita bisa nonton YouTube langsung tanpa harus buka aplikasi YouTube yang ada. Sejauh ini, kecepatan browser Skyfire juga lumayan walaupun kami sendiri masih tetap lebih suka menggunakan browser standar yang ada.



Semoga aplikasi yang kami berikan cukup berguna bagi penggunan ponsel Android dan sekali lagi harap diingat, ini sih masalah selera dan kebutuhan jadi mau digunakan atau tidak tentunya terserah anda. Untuk Informasi Lainnya Anda bisa  klik di sini