1

22 Apr 2015

Cara Root Android Cina Dengan PC (ICS, Jelly Bean, Gingerbread)

Bagaimana Cara Root Android Cina? Apa itu Root? Root adalah akun sistem dimana pengguna bisa menambah, menghapus, mengatur, dan bahkan merusk sistem pad kernel Linux, dalam hal ini android. Jadi dengan root kita bisa memodifikasi sistem perangkat android kita menjadi seperti yang kita inginkan. Tapi jangan asal modifikasi, jika ada kesalahan dalam perintah Root, kita tidak akan mendapat sistem android yang kita inginkan. Malah bisa jadi Sistem Android kita rusak dan tidak bisa beroperasi. Jadi, seperti kata para master "do it with your own risk".

Di Indonesia ini memang banyak pengguna android lokal atau yang sering disebut android cina. Android cina ini ada yang memang buatan cina lalu di import, ada yang rebranding dari merek cina, ada juga yang memang dibuat lokal. Android cina banyak diminati karena harganya yang terjangkau. Selain itu, android cina memang menawarkan fitur dan spesifikasi yang lebih canggih daripada Android bermerek dengan harga yang sama. Mereka juga tak begitu berpikir bagaimana cara root android cina. Karena itu Android cina bisa menjadi alternatif untuk mereka yang menginginkan smartphone android dengan kantong pas - pasan.

Tapi disisi lain, dukungan Android cina sangat minim. Masih jarang ada yang mengetahui cara root android cina terbaru. Ini karena kebanyakan android cina menggunakan chipset MTK. Kini buat kamu pengguna Android cina tak perlu khawatir. Karena sudah ada cara root android cina terbaru. Kali ini kita akan menggunakan MTK droid Tools untuk meng - root android cina.Penggunaannya juga relatif mudah. 

Cara Root Android Cina dengan PC:


Tutorial root android bisa teman-teman lihat di video ini atau tulisan dibawahnya

  1. Download tools Cara Root Android cina MTK  di Forum XDA Developer. Gunakan fitur search:
  2. Tool yang harus didownload adalah MTK Droid Root and Tools dan Driver ADB Android
  3. Install driver untuk ponsel kamu, setiap ponsel mempunyai driver yang berbeda.
  4. Sambungkan Ponsel dengan PC, Pastikan Ponsel Android kamu siap untuk di Root .
  5. Buka MTK Droid Root And Tools. Pertama kali MTK Droid Tools akan menampilkan informasi terkait ponsel Android yang akan kita root.
  6. Jika langkah no.4 tidak muncul maka kamu harus periksa driver dari ponsel kamu. Pastikan ponsel Android kamu terkoneksi dengan PC.
    Cara Root Android Cina Dengan PC

  7. Setelah membuka MTK Droid Root And Tools dan informasi yang ditampilakan benar, lalu klok Root di bagian kanan bawah. Sehingga kita bisa memiliki akses ke shell system atau "jeroan" ponsel.
    Cara Root Android Cina Dengan PC
  8. Setelah itu akan muncul jendela bahwa kamu sudah bisa akses ke shell root. Artinya Android kamu sudah berhasil di root. Kini Kamu bisa memodifikasi sistem seuai dengan keinginan kamu.

Manfaat Root Android Cina

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalau ponsel Android kamu sudah di root antara lain:
  1. Mempercepat kinerja ponsel Android, dan mengurangi file system yang tidak penting sehingga bisa mendongkrak performa Android.
  2. Custom Room, atau membuat Android kamu lebih canggih.
  3. Mempercantik tampilan di Android, dengan Root kamu bisa mengubah icon, huruf, dan yang lain seperti yang kamu mau.
  4. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tapi yang perlu kamu ketahui selain cara Root Android cina ini, kamu akan kehilangan Garansi pabrikan. Kamu memang bisa memodifikasi System android kamu. Jika kamu tidak paham betul tentang System android, maka sistem android kamu akan mengalami kerusakan seperti boot loop, restart, disfungsi beberapa fitur, bahkan yang lebih parah android akan mati total. Satu - satunya cara ya di Install ulang, jika beruntung smartphone akan hidup kembali. Tapi jika kerusakannya parah, kamu harus membeli ponsel baru lagi, karena pabrikan tidak akan mau menanggung garansi kerusakan yang diakibatkan karena kerusakan root. Selamat mencoba, Do it with your own risk.