1

22 Apr 2015

PC/Laptop Shutting Down Lama? ini Cara Mengatasinya

Beberapa hari lalu laptop saya mengaami shutting down yang sangat lama, hampir 2 jam lebih. Frustasi atau tidak? frustasi banget lah ya. Lalu setelah browsing sana-sini dan menerapkan beberapa praktek akhirnya PC saya bisa browsing sekitar 1 menit. Saya akan menceritakan sebab dan cara mengatasinya. ini berdasar pengalaman saya ya.

Penyebab Shuting Down lama dan cara mengatasinya.

1. Temporary File terlalu banyak
Ini semacam file sampah yang belum hilang dari komputer sobat. Misalnya file yang dibuka / dibuat di suatu aplikasi namun tidak sobat simpan, contohnya setelah mengetik di microsoft office tetapi kita tidak menyimpannya.
Solusinya sangat mudah, silahkan download baidu PC Faster atau CC CLeaner, lalu gunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan temporary file sebelum shutdown.
Pengalaman saya, Baidu PC Faster menunjukkan performance yang lebih bagus. Oh ya, teknik ini bisa mempercepat shut doen 1-3 menit. Alhasil, problem saya belum solved.

2. Aplikasi tidak cocok dengan Laptop
Nah berawal dari saya baca-baca pengalaman salah seorang blogger yang mengalami hal yang sama, dan dia cerita masalahnya selesai setelah ia menguninstall program yang terakhir ia install, yaitu Avira.
Lalu saya ingat-ingat, ternyata komputer saya mengalami shutting down lama setelah menginstall salah satu browser (dan browser tersebut masih dalam versi beta). Alhamdulillah setelah saya menguninstallnya, Laptop saya hanya perlu waktu 1-2 menit untuk shutting down

Sekarang, coba sobat ingat-ingat aplikasi apa yang membuat Laptop sobat lelet Shut Down.

3. Nungguin komentar sobat. silahkan taruh di komentar ya, jika nemuin penyebab dan solusi baru